Ahok Minta Rumah Makan Tetap Buka di Siang Bulan Ramadhan, Jangan Paksa yang Tidak Puasa Untuk Puasa


Islamedia - Basuki Tjahya Purnama alias Ahok pernah mengungkapkan bahwa dirinya tidak mempermasalahkan jika warung makan di Jakarta tetap buka selama bulan suci Ramadhan.


Ahok justru menantang kepada pihak-pihak yang mengharuskan rumah makan tutup selama siang bulan puasa, bahkan Ahok menuding bahwa itu namanya pemaksaan kepada yang tidak puasa.


"Rumah makan buka saja, hanya ditutupin begitu. Kenapa kamu memaksa orang yang tidak puasa untuk ikut puasa?" kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, sebagaimana dilansir cnnindonesia, Rabu (17/6/2015).


Pernyataan Ahok untuk memberikan kesempatan kepada warung makan tetap buka di siang bulan Ramadhan didukung juga oleh Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta Purba Hutapera. "Secara umum tidak ada larangan warung makan buka saat Ramadan," ujar Purba.


Menanggapi pernyataan Ahok ini, pengamat sosial Eko Setiawan sangat menyesalkan, mengingat Jakarta merupakan Ibukota Negara Indonesia dengan penduduk Muslim yang mayoritas. Sudah seharusnya antar elemen bangsa menghargai.


Eko menceritakan bagaimana perayaan Nyepi di Bali, semua aktivitas berhenti, bahkan penerbangan saja sampai berhenti, rumah makan ditutup dan kendaraan bermotor dilarang beroperasi.


"Elemen bangsa lainya di Bali menghargai pemeluk Hindu menjalankan Ibadah Nyepi dan tidak mempermasalahkanya." Ujar Eko kepada Islamedia, jum'at(29/4/2016). [islamedia/mh]