9 Tim Ahli forensik Muhammadiyah hari ini Autopsi jenazah Siyono


Islamedia - Sembilan tim ahli forensik dari Muhammadiyah Ahad (3/4/2016) pagi ini, melakukan autopsi terhadap jenazah Siyono yang tewas setelah ditangkap Densus 88 beberapa waktu lalu. Sembilan tim forensik tersebut berasal dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Surakarta akan didampingi tiga komisioner Komnas HAM dan pimpinan Muhammadiyah.


Saat autopsi berlangsung ratusan personel Kokam (Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah) Jawa Tengah dan sejumlah ormas, berjaga di lokasi makam Sasana Laya Brengkungan, Desa Pogung, Kecamatan Cawas, Klaten. Tak hanya itu, petugas kepolisian juga melakukan penjagaan di luar lokasi makam.


Sementara itu kakak kandung Siyono, Wagiyono menegaskan, pihaknya tetap menginginkan keadilan terhadap kakaknya. Meski sudah mengikhlaskan kematian adiknya, namun keluarga ingin mengetahui penyebab kematian Siyono.


Terkait penolakan warga dan Kepala Desa Pogung terhadap autopsi dan ancaman pengusiran mereka, Wagiyono mengaku dirinya tak pernah diajak berdiskusi dengan kepala desa. Sebagai salah satu ketua RT, dirinya belum pernah diajak rapat terkait kesepakatan penolakan warga.


"Keluarga saya dan bapak saya tidak pernah diajak musyawarah tentang kesepakatan warga," ujar Wagiyono saat ditemui sejumlah jurnalis, Sabtu (2/4/2016) malam.


Ungkapan senada disampaikan Sekretaris The Islamic Study and Action Center (ISAC) Endro Sudarsono.
Berdasarkan investigasi yang dilakukan, Wagiyono menceritakan bahwa kepala desa, beberapa pengurus RT, dan pendeta, beberapa hari lalu mendatangi ayah Siyono dan Wagiyono untuk menandatangani surat kesepakatan.


Namun Wagiyo menolak kesepakatan warga tentang pelarangan autopsi setelah jenazah dimakamkan.


"Itu makam bukan milik kepala desa, itu bumi Allah SWT," ucap Endro menirukan Wagiyono.


Wagiyono, kata Endro, juga menolak pengusiran anggota keluarga yang setuju autopsi. Keluarga Siyono, lanjut Endro, menolak keras kesepakatan warga karena merasa dirugikan dan dipojokkan.[islamedia/mrdk/YL]