Siswa SD Juara Tanam Sejuta Mangrove di Surabaya


Siswa SD Juara Surabaya binaan RZ (Rumah Zakat) menanam sejuta pohon mangrove di wilayah pesisir pantai timur Kota Surabaya. Kegiatan ini merupakan bagian dari program outing class dalam rangka Hari Gerakan Menanam Sejuta Pohon yang diperingati setiap tanggal 10 Januari.

“Mangrove merupakan tanaman yang cocok untuk ditanam di sekitar area pantai. Penanaman mangrove ini bermanfaat sekali sebagai sarana untuk menopang abrasi di sekitar pantai Surabaya. Selain itu juga bermanfaat dalam menjaga keseimbangan ekosistem yang ada di sekitar pantai,” papar Suradin, Kepala Sekolah SD Juara Surabaya, Rabu (13/1).

Perjalanan untuk menuju tempat penanaman pohon mangrove dibutuhkan waktu kurang lebih 20 menit dengan menaiki perahu dari dermaga. Begitu sampai, anak-anak ini didampingi petugas dari pihak mangrove ke tempat penanaman.

Media tempat penanaman mangrove terdiri dari komposisi kulit hewan laut seperti keong yang bercampur pasir, sehingga saat membuat lubang, anak-anak hanya menancapkan sebuah pohon berdiameter 15 cm di atas pasir tersebut. Setelah itu, di sisi lubangnya ditancapkan bambu lalu diletakkan bibit mangrove di dalam lubang, terakhir bibit mangrove diikat kencang dengan menggunakan bambu.

“Walaupun banyak nyamuk besar di sekitar rawa dan pesisir pantai yang bersarang di pohon-pohon besar, tapi tidak menyurutkan semangat kami saat menanam mangrove. Kegiatan ini sangat menyenangkan dan jadi pengalaman yang tidak terlupakan. Semoga kita semua bisa menjaga Kota Surabaya tercinta ini,” ujar Ananda Nouvia, Siswa Kelas 3 SD Juara Surabaya. [rilis/islamedia]