Kompetisi Matematika Dunia di Amerika, Kelompok Pelajar Arab Saudi Jadi Juara


Islamedia - Lima belas pelajar Arab Saudi memenangkan juara pertama dalam kompetisi matematika mental internasional. Kompetisi yang berlangsung di San Fransisco, Amerika Serikat itu diselenggarakan oleh Federasi Matematika Dunia. Demikian Arab News memberitakan seperti diangkat kantor berita IINA.

Kelompok yang dinamai "Al-Khwarizmi Mini" dan beranggotakan 15 orang itu, tandang ke negeri Paman Sam dan bertanding dalam lomba aritmetika mental. Perlombaan tersebut menguji kemampuan peserta dalam melakukan operasi penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

"Ini berarti anak-anak tersebut melakukan penghitungannya secara mental, tanpa menggunakan pulpen, pensil, dan kertas," kata seorang matematikawan memberi penjelasan.anak_arab_saudi

Nama kelompok belia Arab Saudi itu sendiri diinspirasi dari nama matematikawan muslim ternama, Muhammad bin Musa Al-Khwarizmi. Ilmuwan muslim itu dikenal dengan karyanya pada bidang aljabar berjudul "Al-kitāb al-mukhtaṣar fī ḥisāb al-ğabr wa'l-muqābala" atau The Compendious Book on Calculation by Completion and Balancing.

Para ahli akademisi dan spesialis matematika sebelumnya dikerahkan untuk melatih dan membina para pelajar tersebut selama enam bulan, dari Juli hingga Desember 2015, sebelum kemudian terbang ke Amerika Serikat untuk ikut kompetisi nan prestisius itu.

Keikutsertaan kelima belas siswa itu turut dibersamai oleh para orang tua dan pembina. (ismed/iina)