Pembakar Masjid di California, Akhirnya Ditangkap


Islamedia - Kepolisian Riverside County, California, AS, menangkap Carl James Dial Jr dengan tuduhan membakar Masjid Coachella.


Sherif Riverside County mengatakan Dial Jr kini mendekam di tahanan, tapi belum secara resmi didakwa. Polisi mengatakan Dial Jr ditangkap atas dugaan kebencian, pencurian, dan pembakaran tempat ibadah umat Islam.


Polisi menetapkan jaminan 150 ribu dolar AS bagi pembebasan bersyarat. Dial Jr akan tampil di pengadilan, Rabu pekan ini, tapi tidak jelas apakah didampingi pengacara atau tidak.


Api membakar Islamic Society of Coachella Valey, Jumat siang, atau setelah masjid kecil itu menggelar Shalat Jumat. Polisi mengatakan kebakaran itu tindakan disengaja.


John Benoit, pengawas Riverside County, mengatakan empat atau lima orang berada di dalam masjid saat api melahap bangunan sederhana itu.


Tidak ada yang terluka. Api segera bisa dipadamkan, tapi kerusakan masjid cukup serius.


Laura Eimiller, dari FBI divisi Los Angeles, mengatakan pihak berwenang segera menyelidiki penyebab kebakaran.


"Terorisme tidak harus melahirkan terorisme," kata Benoit. "Seseorang melemparkan bom bakar ke dalam masjid, dengan tujuan memusnahkan tempat ibadah ini."


Sejak tahun lalu, Masjid Coachella memiliki seorang penjaga bersenjata. Namun itu tidak cukup.


Serangan terhadap Masjid Coachella bukan yang kali pertama. Pada 4 November 2014, seorang pria melepas tembakan ke arah masjid saat semua orang di dalam masjid menunaikan shalat.


KMIR, stasiun televisi lokal yang berafiliasi ke CNN, mengatakan tiga peluru menghantam kendaraan, satu bersarang di pagar. Tidak ada yang cedera, dan tidak ada penangkapan.[islamedia/inilah/YL]