Dituding Rusia Membeli Minyak dari ISIS, Erdogan : Buktikan Tuduhan Anda !


Dituding Rusia membeli minyak dari ISIS, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menantang Rusia untuk memberikan bukti tuduhannya.

"Turki membeli minyak dan gas hanya dari sumber yang dikenal dan mereka yang menuduh kami telah membeli dari ISIS perlu membuktikan tuduhan mereka," ujar Erdogan seperti dikutip dari Reuters, Kamis (26/11).

Turki juga telah mengambil tindakan pencegahan untuk menghentikan penyelundupan minyak di daerah perbatasannya yang merupakan sumber utama pendapatan bagi kelompok ISIS.

Erdogan menuding balik Presiden Suriah Bashar al-Assad dan sekutunya, termasuk Rusia, adalah sumber keuangan dan sumber militer yang nyata bagi ISIS.

"Jika Anda sedang mencari sumber persenjataan dan kekuatan keuangan ISIS, tempat pertama untuk menemukannya adalah rezim dan negara-negara yang bekerjasama dengan Assad," tegasnya.

Diberitakan sindo, Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev menuding pejabat Turki mendapat keuntungan dari penjualan minyak ISIS. Sementara itu, Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan bukan rahasia lagi jika teroris menggunakan wilayah Turki. [sindo/islamedia]