Belasan Warga Sipil Suriah Tewas Jadi Target Serangan Bom Fosfor Rusia dan Rezim Assad


Islamedia - Serangan udara Rusia dan rezim Bashar Assad di sejumlah Provinsi Suriah kembali menewaskan sejumlah warga sipil suriah, di Provinsi Dara'a serangan udara Rusia menewaskan tujuh warga sipil, sementara serangan udara rezim Basar Asad di Provinsi Douma menewaskan enam orang tewas dua puluh lainnya terluka.


Aljazeera melansir, Jum'at (13/11), pesawat Rusia melancarkan serangan di perkampungan al-Ghariahm, Jassim, Sheikh miskin dan Samlin Provinsi Dar'a. Pesawat-pesawat tempur Rusia juga melakukan serangan yang sama di desa Az ziyarah, Tel Wasit, Mansoura di Provinsi Hama-barat.


Sumber pasukan revolusi Suriah menyebutkan bahwa pesawat Rusia Kamis lalu (12/11) melakukan serangan untuk pertama kalinya dengan menggunakan bom fosfor di pedesaan Idlib.


Suhaib koresponden Aljazeera di Idlib mengatakan bahwa serangan Rusia itu mengakibatkan satu orang terbunuh dan sebagian luka-luka di Saraqeb, Rusia juga melakukan serangan enam kali bandara militer Taftanaz milik oposisi, serta kota Yerikho dan kota Mardikh.
Di sisi lain enam orang tewas dan dua puluh terluka dalam serangan roket yang dilakukan oleh pasukan rezim Suriah di perumahan timur kota Damaskus.


Organisasi Hak Asasi Manusia Suriah dan media resmi mengatakan bahwa pasukan rezim Syiah menguasai desa Tal Hediah provinsi utara Halab – Jumat kemarin- pasukan pemerintah berhasil memukul mundur pasukan oposisi di wilayah tersebut.


Pasukan rezim juga menguasaI jalan raya utama yang menghubungkan kota-kota besar Suriah, hal ini menambah keberhasilan pasukan rezim yang mendapatkan bantuan serangan udara Rusia.


Sebelumnya, pasukan rezim Suriah telah menguasai kota Al hadir, eis, Bernh, Brkom dan Bans di pedesaan selatan Halab, rezim Suriah juga meluncurkan rudal yang menargetkan kota Deir al hafir di pedesaan timur Halab. [Aljazeera/islamicgeo/IM]