MUI : Tak Jual Aset Bangsa, itu salah satu bentuk Bela negara


Islamedia - Tak jual aset bangsa kepada asing juga merupakan salah satu tindakan bela negara. Demikian disampaikan Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat, Din Syamsuddin.


Ia mengatakan bahwa banyak hal positif yang bisa dikatakan sebagai bentuk bela negara.


"Tidak menjual aset negara kepada pihak luar itu juga termasuk bela negara," kata Din di kantor MUI, Jakarta, Kamis (15/10) kemarin.


Lebih lanjut Din menyatakann, aset negara merupakan salah satu penopang kedaulatan suatu negara. Sehingga apabila aset itu sudah dikuasai asing, lanjutnya, maka kedaulatan suatu negara dapat terganggu.


Bela negara, kata dia, bisa diterapkan kepada rakyat dan juga untuk pemerintah. Sejauh ini, kata Din, ancaman dari luar negara sejatinya bukan serangan fisik melainkan serangan ekonomi dan politik.


"Sekarang itu serangannya ekonomi politik maka kewajiban bela negara yang dikembangkan juga harus membidik warga negara yang muda untuk tidak menyampaikan informasi apapun yang menguntungkan pihak asing. Jangan terlalu memberi peluang kepada asing terlalu banyak," ungkapnya dikutip ROL, Jum'at (16/10/2015).


Bela negara itu merupakan kewajiban asasi warga negara dengan segala cara. Membela negara itu bisa untuk berbagai pendekatan dan pengejewantahan sesuai visinya masing-masing.[islamedia/YL]