Mengenang Kekejaman Komunis, Masyarakat Gelar Nobar Film G30SPKI


Islamedia - Pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tahun 1965 silam, merupakan sejarah hitam bangsa Indonesia yang tak mungkin dilupakan.


Kekejaman partai politik komunis yang menganggap Agama sebagai candu tersebut tidak boleh terulang kembali.


Oleh karenanya untuk mengenang sejarah hitam tersebut beberapa komponen masyarakat menggelar acara nonton bareng (Nobar) film G30SPKI. Salah satunya seperti dilakukan keluarga prajurit TNI dari Batalyon Kavaleri (Yonkav) IV/Tank Kodam III/Siliwangi.


Dilansir dari okezone, Komandan Batalyon Kavaleri IV/Tank Kodam III/Siliwangi, Mayor Kavaleri Agung Cahyono, mengatakan bahwa nonton bareng tersebut sengaja digelar untuk mengedukasi keluarga prajurit tentang sejarah kelam komunis.


“Ini adalah acara internal kami. Tujuan nonton bareng ini adalah untuk mengedukasi prajurit beserta keluarga mengenai sejarah,” ungkap Agung, Rabu (30/9/2015).


Menurutnya acara nonton bareng bersama yang baru pertama kali diadakan ini juga untuk mengenang masa kecil saat mengenyam bangku sekolah. Saat itu seluruh siswa diwajibkan menonton tayangan yang tiap tahunnya diputar di stasiun televisi pemerintah.


“Jangan sampai anak-anak kita tidak tahu mengenai sejarah G30SPKI,” tuturnya.


Acara yang dimulai sejak pukul 19.00 WIB itu berlangsung cukup sederhana. ratusan penonton duduk bersama di Aula Garasi untuk menonton tayangan yang berada pada sebuah layar lebar.


Para penonton cukup antusias menyaksikan film yang didominasi oleh warna hitam putih tersebut. Kesederhanaan semakin terasa saat pihak penyelenggara menyuguhkan rebusan singkong dan kacang sebagai camilan.[islamedia/YL]