Erdogan : 2,2 Juta Pengungsi Suriah Hidup Aman dalam Perlindungan Pemerintah Turki


Islamedia - Presiden Turki Receb Tayyib Erdogan mengungkapkan bahwa 2,2 juta pengungsi asal Suriah saat ini dalam kondisi aman dibawah perlindungan Pemerintah Turki. Pernyataan Erdogan ini disampaikan saat dalam acara European Egmont Institute  di Brussel.


"2,2 juta pengungsi Suriah yang ditampung Turki hidup aman dalam perlindungan, bantuan dan layanan di Turki. Pemerintah Turki nilai lebih dibanding beberapa negara Uni Eropa dalam hal mengatasi pengungsi Suriah" ujar Erdogan sebagaimana dilansir Anadolu, senin (5/10/2015).


Pemerintah Turki telah mengeluarkan 7,5 miliar dolar AS untuk membantu pengungsi Suriah yang datang ke Turki sejak Maret 2011.


Sumbangan pemerintah Turki kepada pengungsi suriah jauh lebih banyak bila dibanding sumbangan yang berasal dari negara asing yang hanya 417 juta dolar AS.


Selain menyinggung penanganan pengungsi, Erdogan juga menegaskan bahwa krisis yang terjadi di Suriah akan bisa diselesaikan jika ada perubahan rezim yang berkuasa saat ini, yaitu Asad harus turun.[islamedia/mh]