Cegah Bahaya ISPA, RZ Bagikan 2850 Masker di Palembang


RZ (Rumah Zakat) cabang Palembang membagikan 2850 masker kepada seluruh pengguna jalan di Jl. Basuki Rahmat, simpang Polda Palembang. Kegiatan ini sebagai upaya mencegah penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) akibat kabut asap yang sudah 14 hari melanda kota tersebut.

Sebanyak 5 orang relawan RZ turut serta dalam pembagian masker tersebut. Selain itu, mereka juga membagikan brosur kesehatan mengenai bahaya ISPA. Dampak dari kabut asap ini jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian. Kini bukan hanya asap, abu pun sudah mulai mengguyuri Kota Palembang.

“Terjadinya kabut asap sebagai dampak dari terbakarnya hutan dan lahan perkebunan tentunya sangat mengganggu baik di bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan. Hal yang dapat kami lakukan untuk membantu meringankan warga yang terkena dampak kabut asap ini salah satunya adalah dengan pembagian masker, ” papar Surianto, Anggota Komite Relawan Nasional RZ, Rabu (30/09).

Selain membagikan masker, relawan RZ juga membantu menghilangkan sumber asap dengan memadamkan titik-titik api yang membakar hutan. Hal ini sudah dilakukan relawan RZ Pekanbaru beberapa waktu lalu.

“Kedepannya, kami akan terus melakukan berbagai aksi serupa. Kami juga turut bergabung dalam tim pemadam kebakaran hutan,” ujar Widia Ningsih, Koordinator Relawan Palembang. [rls/islamedia]