Sekjen OKI dan Menlu Retno Lestari Menggelar Pertemuan Bilateral




Islamedia - Pada putaran terakhir kunjungan kerjanya ke sejumlah negara Asia yang menjadi anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Sekjen OKI Iyad Madani melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Lestari Lestari Priansari Marsudi, pada Jumat (4/9/2015) lalu.

Menlu Retno menerima penjelasan dari Sekjen OKI Iyad Madani seputar perkembangan terakhir dari Organisasi Kerjasama Islam. Dalam kesempatan itu, Madani juga meminta dukungan Indonesia bagi pencapaian tujuan bersama OKI.

Isi perbincangan terutama membahas topik seputar penanganan pengungsi muslim Rohingya di Myanmar, rencana tiga pertemuan OKI teranyar, dan Rencana Aksi 2025, serta pendekatan  terstruktur OKI dalam penyelesaian konflik.

Sementara itu, Menlu Retno mengungkapkan keterlibatan Indonesia secara konsisten dala mendukung kegiatan-kegiatan OKI. Menlu juga mengemukakan kembali kesediaan Indonesia dalam pembentukan suatu kelompok kontak OKI, untuk menangani tantangan-tantangan strategis yang menghadang dunia Islam. (iina/ismed)