Besok, Aksi Solidaritas untuk Suriah Akan Digelar di Car Free Day Bundaran HI

Islamedia - Lebih dari 4 tahun krisis kemanusiaan Suriah sejak pertama kali meletus pada Maret 2011, diperkirakan lebih dari 220.000 orang tewas. Sebagian besar warga sipil. Penghancuran infrastruktur kota-kota di Suriah dan pelanggaran hak asasi manusia sampai pada tahap mengerikan. Ironisnya, kebutuhan dasar seperti makanan dan perawatan medis bagi para korban konflik tersebut sangat jauh dari memadai.


Ratusan ribu pengungsi Suriah mencoba melakukan perjalanan berbahaya melintasi Laut Mediterania dari Turki ke Yunani, berharap menemukan masa depan yang lebih baik di Eropa. Kini dunia kembali disentakkan oleh beredarnya foto Aylan Kurdi, bocah laki-laki asal Suriah yang terdampar di pantai dengan kondisi tak bernyawa. Aylan kecil meninggal bersama kakaknya Galip (5 tahun), dan ibunya Rehan ketika kapal mereka terbalik saat mencoba untuk mencapai pulau Kos di Yunani pada tengah malam. Dunia pun menangis.


Menyikapi penderitaan yang dialami rakyat Suriah, Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebagai salah satu lembaga kemanusiaan akan menggelar Aksi Solidaritas Suriah.


Dalam rilis yang diterima Islamedia, Sabtu (12/9/2015) acara akan digelar pada ajang Car Free Day di Bundaran HI, Jakarta, hari Ahad (13/9/2015) pukul 06.00 wib dan mengundang masyarakat untuk berpartisipasi dan peduli terhadap tragedi kemanusiaan di Suriah tersebut.


Selain di Jakarta, aksi Solidaritas Syiria ini juga akan dilaksanakan serempak di area Car Free Day 4 kota besar lainnya, yaitu Bandung, Semarang, Jogya, dan Medan.[islamedia/YL]