RZ Bersama OKI Bina 123 Anak Yatim di Aceh Jaya




RZ (Rumah Zakat) bersama Aliansi OKI (Organisasi Kerjasama Islam) bertolak ke Kabupaten Aceh Jaya guna membina 123 anak yatim yang mendapat santunan beasiswa dalam Program Kafalah Yatim. Program Kafalah Yatim bertujuan untuk mensponsori anak-anak yatim korban bencana gempa dan tsunami serta anak-anak yatim lain yang membutuhkan.

Dalam program ini disediakan dukungan pelayanan pendidikan, kesehatan, perkembangan psikologis, pendampingan dan pelatihan kerja hingga mereka mencapai usia dewasa dan mandiri secara ekonomi. Targetnya program ini mensponsori 25.000 anak yatim di Provinsi Aceh selama kurun waktu 15 tahun (2006-2021).

Anak-anak yatim yang mendapat beasiswa tersebar di 6 kecamatan, yaitu Kecamatan Darul Hikmah, Kecamatan Indra Jaya, Kecamatan Jaya, Kecamatan Pasie Raya, Kecamatan Sampoiniet dan Kecamatan Teunom. Adapun agenda Tim RZ dan Aliansi OKI di Kabupaten Aceh Jaya diantaranya School Visit, Home Visit, Game’s Ta’aruf dan Pembagian Makan Tambahan Bergizi (PMTG).

“School Visit itu kegiatannya mengunjungi anak-anak yatim yang mendapat beasiswa di sekolah serta berdiskusi dengan guru tentang perkembangan anak. Sedangkan Home Visit, mengunjungi ke rumah anak binaan dan berkomunikasi dengan orang tua atau wali serta memberikan bingkisan roti, gula dan susu,” papar Riadhi, Branch Manager RZ Aceh, Jum’at (28/8).

Selain itu dibagikan juga pasta dan sikat gigi untuk anak yatim di sela-sela pembinaan tentang pola hidup bersih dan sehat. “Kegiatan ini untuk mengetahui perkembangan potensi anak khsususnya di Kabupaten Aceh Jaya yang beberapa bulan ini baru dibuka,” ujar Murrahman, Project Koordinator Program RZ.

Riadhi juga menyampaikan banyak terima kasih kepada Aliansi OKI atas sinergi yang terjalin. Semoga dengan adanya program ini, semakin banyak anak-anak di daerah lain di Provinsi Aceh bisa mendapatkan Program Kafalah Yatim. [rls/islamedia]