Pasca Elit Syiah Mesir Berkunjung, Menlu Iran: Kami Siap ...


Menteri Luar Negeri Iran, Javad Zarif mengatakan pada Selasa (25/8/2015) kemarin, bahwa negaranya siap untuk memperkuat hubungan dengan Mesir, demikian seperti dilaporkan kantor berita Safa dan dilansir Middle East Monitor.

Berbicara dalam konferensi pers di Teheran, Javad Zarif mengatakan, bahwa Mesir merupakan sebuah negara yang "penting dan efektif" di kawasan. Ia menekankan bahwa Iran juga sedang menyasar negara-negara di Timur Tengah untuk penguatan hubungan, dalam rangka apa yang disebutnya sebagai "stabilitas regional".

Menlu Iran itu juga dengan terang-terangan menyatakan, bahwa negaranya memberikan penekanan khusus untuk menggarap negara-negara anggota Gerakan Non-blok dan negara-negara Afrika dalam penguatan hubungannya.

Zarif memberikan pernyataannya itu, hanya berselang sehari setelah sebuah laman Iran mempublikasikan berita, ihwal sekelompok elit Syiah Mesir yang berkunjung ke Iran. Rombongan elit Syiah Mesir itu bertemu dengan para pejabat pemerintah.

Menurut Safa, situs Iran tersebut juga menerangkan, bahwa anggota rombongan Syiah Mesir yang mendukung Presiden As-Sisi itu, memberi penjelasan kepada pihak Iran seputar situasi mereka di Mesir. Tak hanya itu, mereka juga menyerukan agar Teheran membuka kembali kedutaan besarnya di Kairo.

Rombongan elit Syiah Mesir itu bersikukuh meyakinkan pihak Teheran, bahwa kebijakan-kebijakan As-Sisi tidaklah membahayakan mereka, tidak seperti kebijakan kepada pihak yang mereka istilahkan sebagai "ekstrimis Wahabi". (memo/ismed)
close
Banner iklan disini