Intoleran, ACE Hardware dan INFORMA Larang Karyawan Muslimah Berjilbab




Islamedia - Tindakan intoleran kembali terjadi di Indonesia, kali ini dilakukan oleh PT ACE Hardware Indonesia (ACE) dan PT Home Center Indonesia (INFORMA). Tindakan intoleran diperlihatkan dua perusahaan ini dengan secara tegas melarang karyawan muslimah berjilbab selama bekerja.


Dalam pembukaan di Lombok Epicentrum Mall (LEM) pada sabtu 29 Agustus 2015, kedua perusahaan tersebut secara resmi melarang karyawan muslimah berjilbab adalah agar ada keseragaman kepada seluruh karyawan dan tidak mau menonjolkan satu agama.


"Karyawan tidak diperbolehkan mengenakan simbol-simbol agama tertentu. Kami tidak mau tonjolkan satu agama disini. Semua harus kompak dan seragam," ujar Direktur Operasional ACE, Sugianto Wibawa, sebagaimana dilansir radarlombok, Ahad (30/8/2015).


Lebih lanjut Sugiarto menegaskan bahwa karyawan muslimah dilarang menggunakan jilbab, jika karyawan keberatan atau tidak terima dengan aturan ini bisa memilih untuk taat atau tidak lagi menjadi karyawan.


Senada dengan ACE, Direktur Operasional INFORMA, Daniel Trisno juga mengungkapkan bahwa bagi karyawan perempuan tidak diperkenankan mengenakan jilbab ketika melayani pelanggan.


Meski sudah sangat jelas melakukan tindakan intoleran, Daniel berkilah bahwa dirinya menolak bila disebut diskriminasi.[islamedia/mh]