Berjamaah Shalat Idul Fitri, Jutaan Muslim Padati Jalanan Kota Moskow Rusia


Islamedia - Gambar-gambar yang diambil dari pesawat drone menunjukkan massa dalam jumlah besar, melaksanakan ibadah shalat Idul Fitri di luar masjid di tengah kota Moskow, Rusia. Jamaah shalat Idul Fitri yang menyemuti jalanan kota itu diperkirakan mencapai 2 juta orang. Demikian seperti dilansir kantor berita IINA Ahad (19/7) kemarin mengutip The Independent.

Warga muslim kota Moskow menunaikan ibadah shalat bersama Mufti Besar Rusia, Ravil Gainutdin.

Islam merupakan agama terbesar kedua yang dipeluk warga Rusia. Di ibukota Moskow sendiri menjadi tempat mukim bagi sekira 2 juta muslim.idulfitri_moskow_rusia_2015

Pembangunan masjid baru

Di kota Moskow kini sedang dibangun sebuah masjid baru untuk menampung hingga 60.000 orang jamaah. Pembangunan tersebut dilakukan karena kurangnya kapasitas yang sanggup ditampung oleh empat buah masjid yang ada saat ini.

Pejabat kota Moskow mengizinkan warga muslim untuk beribadah di jalan raya pada momen penting hari raya seperti Idul Fitri.

Seusai sarapan berbuka lalu menunaikan shalat Idul Fitri di pagi hari, warga muslim Moskow dengan pakaian terbaiknya, berkumpul bersama teman, sahabat, dan keluarga mereka, menikmati hidangan makan besar pertama pada siang hari awal bulan Syawal. (iina/ismed)