Alhamdulillah, Hasil Sidang Isbat Tetapkan 1 Syawal 1436H pada Hari Jumat 17 Juli 2015


Islamedia - Hasil sidang Isbat Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama menetapkan bahwa Idul Fitri 1 Syawal 1436 H di Indonesia jatuh pada hari Jum’at tanggal 17 Juli 2015.

Hal tersebut diputuskan Menteri Agama, Lukman Hakim Saefudin  di Auditorium KH M Rasjidi, Kantor Kementerian Agama di Jl MH Thamrin No 6, Jakarta seperti disiarkan TVOne, pada hari Kamis sore (16/7/2015),

Dalam sidang tersebut, ketua Tim Hisab Rukyat Kemenag RI, Cecep Nurwendaya memaparkan bahwa hasil tim kerja hisab di Batam untuk markas Pelabuhan Ratu, dari semua metode mengatakan ijtimak terjadi pada hari Kamis (16/7/2015) pukul 08.24 WIB. Semua mengatakan dengan ketinggian sangat signifikan di atas 2-3 derajat.

Dari 23 metoda yang dihimpun oleh Kemenag dalam temu kerja di Batam memutuskan awal Syawal 1436 H jatuh pada hari Jum’at (17/7/2015). Meski secara hisab menandakan bahwa Jum’at memasuki 1 Syawal, namun belum pasti karena perlu melewati proses rukyat terlebih dahulu. Jika ada yang melaporkan hilal sebelum matahari terbenam, maka hal tersebut mustahil, karena hilal tidak mungkin dapat terlihat setelah hilal terbenam, demikian seperti dikutip dari akun Twitter @SidangIsbat yang dilansir dakwatuna.com.

Dalam sidang isbat nampak beberapa perwakilan organisasi-organisasi Islam, sidang Itsbat kali ini dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, digelar secara tertutup, dan diumumkan Kamis sekitar pukul 18.45 WIB. [dkwtna/Islamedia/YL]