Web App Khusus untuk Masjid Segera Hadir di Amerika


Islamedia -  Wirausawahan Maroko dan co-founder Mercytech Consulting, Yassine El-Karyani akan meluncurkan app untuk dimanfaatkan masjid-masjid di Amerika, demikian seperti diberitakan Morocco World News akhir Mei lalu.

Mercytech mengungkap bakal hadirnya Islamically.com, sebuah aplikasi web baru yang bakal mendorong penampakan masjid-masjid Amerika di ranah daring 'online'. Di Inggris sendiri terdapat aplikasi hampir serupa yakni http://mymosque.org.uk/. Sedangkan di Indonesia, sejak 2010 lalu terdapat web app http://www.mosquelife.com.

Islamically.com sendiri disebutkan bakal menyuguhkan fitur berupa profil masjid dan para imam, platform promosi event, dan layanan penerjemahan video sebagai subtitle isi peribadahan Muslim, menerjemahkan dari bahasa Arab ke bahasa Inggris.

Selain itu, aplikasi tersebut juga memasukkan engine fatwa untuk menampung pertanyaan atau permintaan pendapat keagamaan yang datang dari muslim maupun non-muslim di Amerika, dan meneruskannya langsung kepada para Imam yang juga tinggal di Amerika.

"Kita tidak lagi perlu mengimpor pemahaman Islam dari imam yang tidak familiar dengan pola hidup di Amerika. Para Imam di Amerika sudah lebih mumpuni untuk jadi sumber utama pemahaman Islam bagi muslim Amerika, dan aplikasi ini memfasilitasi hal tersebut," ujar Yassine Elkaryani.

"Karena data yang kami tangani ini sensitif, juga karena kami mungkin jadi sasaran hacking, maka kami memvaksinasinya dengan solusi paling canggih agar memastikan keberlanjutan layanan kami tanpa ketakutan atas penyelusupan atau semacamnya. Memang biayanya jadi lebih tinggi, tapi itu layak untuk investasi (dalam hal security--red)," kata Elkaryani menjelaskan.

Mercytech akan menyelenggarakan seminar perkenalan pada 13 Juni mendatang di kota New Jersey untuk mempertunjukkan Islamically.com kepada sejumlah klien potensial, para pengiklan, aktivis komunitas muslim, dan kalangan pers. Aplikasi Islamically.com itu sendiri baru akan terbuka bagi publik pada Agustus 2015. (ismed/iina/mwn)