Turki Rampungkan Terowongan Megah yang Hubungkan Eropa dan Asia


Islamedia - Pemerintah Turki tengah menyelesaikan terowongan bawah tanah yang menghubungkan Eropa dengan Asia. Panjang terowongan diperkirakan mencapai 14,6 kilometer atau hampir sembilan mil.

Dilansir dari laman dailysabah, proyek terowongan akan menghubungkan daerah Kazli├žesme di Istanbul (Eropa) dengan Kota Goztepe di Asia. Pembangunan terowongan ini bertujuan mengurangi kemacetan kepadatan lalu lintas di jembatan gantung besar yang menyeberangi selat Bosporus.

Wakil Menteri Transportasi, Kelautan dan Komunikasi Turki, Yahya BAS, mengatakan jadwal pembangunan terowongan bisa selesai lebih cepat daripada jadwal semula.  "Kita bisa menyelesaikan proyek dengan lebih cepat. Sebab masa konstruksi yang sudah dilakukan berlangsung lancer,” ujar Yahya.

Dia menambahkan, rencananya terowongan mulai dibuka pada 2016. Mobil akan melintasi terowongan selama 15 menit . Tarif yang dikenakan untuk setiap mobil adalah empat dolar.  "Hanya ada 780 meter kiri untuk menggali dan menyelesaikan bagian terowongan di bawah laut" kata insinyur proyek Emin Karaman. Pihaknya hanya tinggal me

Menurut Karaman, sekitar 2.5km dari 3.4km bagian dari terowongan bawah laut selesai. Pihaknya hanya menyisakan 780 meter untuk menggali dan menyempurnakan terowongan. [rol/islamedia]