Kunjungan As-sisi ke Jerman Disambut Demo Aktivis HAM


Islamedia -  Kunjungan junta kudeta Mesir, Abdel Fattah As-Sisi ke Jerman disambut aksi unjuk rasa aktivis hak asasi manusia (HAM) di sana.
 
Aktivis HAM menilai Sisi telah melakukan pelanggaran HAM berat dengan memvonis mantan Presiden Morsi dan menahan ratusan anggota Ikhwanul Muslimin. Para demonstran meminta Pemerintah Jerman untuk menghentikan bantuan senjata kepada Mesir.

“Jerman harus membekukan semua aktivitas perdagangan senjata dengan Mesir, senjata dari Jerman akan dipakai untuk melakukan tindakan kekerasan di Mesir,” ujar salah seorang aktivis HAM yang tidak mau disebutkan identitasnya, seperti dilansir Al Jazeera, Rabu (3/6/2015).

Aktivis HAM menilai Presiden Sisi telah gagal dalam melaksanakan reformasi setelah kejatuhan Presiden Mubarak pada 2011. Kini, angka pelanggaran HAM meningkat semenjak Presiden Sisi menjadi Presiden Mesir pada 2013.

Sementara itu, hari ini As-Sisi dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Jerman, Joachim Gauck di Istana Bellevue Castle. Kemudian, dilanjutkan pertemuan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Pemerintah Mesir mengatakan, hubungan bilateral dengan Jerman merupakan yang penting dalam masa reformasi di Negara Piramida tersebut. Tahun lalu, neraca perdagangan antara Mesir dengan Jerman mencapai USD4,8 miliar.[okezone/islamedia/YL]