Expo Ramadhan a la Komunitas Muslim Afrika Selatan


Islamedia -  Dalam rangka merefleksikan keberagaman dalam komunitas muslim Afrika Selatan, Sebuah expo Ramadhan akan digelar pada pekan ini untuk memperkenalkan kebudayaan Islam di negara itu.

"Tujuan diadakannya expo ialah untuk menginformasikan, mendidik, dan mengangkat keseluruhan komunitas Western Cape, tidak hanya muslimnya," kata panitia penyelenggara Salaama Davids.

Davids mengutarakan bahwa Ramadhan Expo tersebut akan digelar di ibukota Afsel, Cape Town, dengan menyuguhkan berbagai makanan, jajanan, pakaian, dan kesenian yang merepresentasikan kebudayaan Islam yang berkembang di sana.

Peserta expo itu sangat beragam termasuk dari India, Somalia, Palestina, Jordan, Mesir, Turki, Spanyol dan Irlandia, untuk menyebut sebagiannya.

Selaras dengan upaya mempromosikan kebudayaan Islam, kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk menampilkan citra Islam yang sesungguhnya.

"Expo ini menghadirkan gambaran bagi komunitas multibudaya di Cap Town tentang betapa indahnya menjadi muslim dan indahnya Islam, sebagai upaya melawan Islamofobia dan misrepresentasi terhadap Islam," lanjut David.

"Kegiatan expo juga diharapkan memberdayakan bisnis kecil menengah dengan menawarkan kepada mereka sebuah sarana agar dapat memajang barang dan jasa dagangan mereka.

"Serta terakhir, expo ini juga bertujuan untuk membangkitkan kesadaran beragama warga muslim dan mengingatkan mereka untuk memposisikan diri dalam semangat bulan  suci Ramadhan," tambahnya.

Ketika dimintai tanggapannya, Imam Abdul Samad Abdul Kadir menyatakan, bahwa kegiatan expo itu juga bermaksud "membawa persatuan di antara warga muslim, agar dapat bersama-sama di bawah satu atap persaudaraan, untuk saling berinteraksi dan saling belajar satu sama lain." (onislam/aa/iina/ismed)