Erdogan Minta AKP Bangun Pemerintah Koalisi


Islamedia - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan meminta Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa untuk membentuk pemerintahan koalisi.

Langkah itu diambil setelah AKP kehilangan suara mayoritas dalam pemilihan umum legislatif baru-baru ini.

"Saya pertama kali akan memberikan mandat (untuk pembicaraan) dengan ketua partai politik yang meraih suara terbanyak," kata Erdogan pada Minggu (14/6) seperti dimuat Press TV.

"Bila (koalisi) tidak dapat dibangun, saya kemudian akan memberikan mandat kepada ketua partai yang menempati posisi kedua," tambahnya mengacu pada oposisi Partai Republik Rakyat (CHP) pimpinan pemimpin Kemal Kilicdaroglu.

Erdogan lebih lanjut mengatakan bahwa ia akan menggunakan hak konstitusionalnya untuk menyerukan pemilu awal hanya jika negosiasi tersebut gagal.

Dalam kesempatan lain, Erdogan mengatakan bahwa ia akan mengundang para pemimpin empat partai yang memenangkan kursi di parlemen untuk ambil bagian dalam pembicaraan pekan depan.

AKP diketahui kehilangan posisi sebagai partai mayoritas untuk pertama kalinya sejak berkuasa tahun 2002 lalu. Dalam pemilihan umum legislatif 7 Juni lalu, AKP hanya berhasil mengumpulkan 41 persen suara yang artinya hanya mendapatkan 258 kursi di parlemen dari 550 kursi yang ada.

Sementara itu partai lain seperti CHP memenangkan 132 kursi, dan MHP dan Partai pro-Kurdi Rakyat Demokratik (HDP) memperoleh masing-masing 80 kursi. [rmol/islamedia]