Arab Saudi Alokasikan 12 Juta Riyal AS untuk Ifthar Pengungsi


Islamedia -  Putra Mahkota yang juga Menteri Dalam Negeri Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Naif, telah mengalokasikan dana 12 juta riyal AS untuk penyediaan makanan ifthar bagi para pengungsi Suriah dan Somalia selama bulan Ramadhan mendatang.

Pengalokasian itu muncul menyusul rahan dari Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman, demikian disampaikan Said Al-Arabi Al-Harthi, penasihat Mendagri dan Kepala Komite Kampanye dan Bantuan Sosial.

Ia menyampaikan jumlah total anggaran untuk ifthar yang disetujui Pangeran itu tepatnya mencapai 12,39 juta riyal AS. Bantuan tersebut akan disebar bagi para pengungsi Suriah di Jordan, Libanon, dan Turki, serta bagi para pengungsi Somalia.

"Telah dilakukan persiapan-persiapan untuk pendistribusian panganan ifthar bagi negara-negara tersebut melalui kantor Komite di masing-masing negara," tutur Al-Harthi menjelaskan.

Ia juga menambahkan bahwa sejumlah 30.000 keranjang makanan akan disebar di Libanon, 300.000 di Turki, 6.000 di Jordan, dan 30.000 di Somalia.

Program itu didesain untuk memenuhi keluarga yang membutuhkan selama bulan suci Ramadhan. "Kami akan mendistribusikan makanan dengan dukungan organisasi bansos nasional dan internasional," lanjutnya.

Ia mengemukakan, Arab Saudi sejauh ini sudah membelanjakan lebih dari 41 milyar riyal AS untuk kegiatan kemanusiaan warga Suriah dan Somalia melalui pelaksanaan 176 program bansos, termasuk di dalamnya penyediaan makanan, obat-obatan, serta layanan sosial, kesehatan, dan pendidikan. (iina/ismed)