Uskup Kolombia : Murid Yesus Mungkin Ada yang Gay


Islamedia - Entah apa maksud dari perkataan seorang uskup Katolik Roma di Kolombia ini, tetapi dalam sebuah konferensi tentang perkawinan dan adopsi di kalangan homoseksual, dia justru menyinggung perasaan umat Katolik dan juga kaum pecinta sesama jenis.
Dilansir BBC, Jumat lalu (16/5/2015) uskup Juan Vincente Cordoba mengatakan bahwa homoseksual bukanlah sebuah dosa dan orang-orang gay diterima oleh gereja.
Dia kemudian mengatakan, seraya bertanya-tanya, tentang kemungkinan ada di antara 12 murid Yesus yang gay, atau Maria Magdalena itu lesbian.
Tentu saya umat Katolik konservatif yang hadir dalam pertemuan itu mengutuk perkataannya. Sementara kelompok pria pecinta sesama pria kesal, karena Cordoba menyebut kaum gay dengan istilah dalam bahasa Spanyol yang melecehkan.
Cordoba kemudian meminta maaf atas pernyataannya dan mengatakan bahwa gereja seharusnya juga menghormati komunitas gay.
Tetapi, dia juga mengatakan bahwa Gereja Katolik tidak akan mengakui perkawinan sesama jenis sebagai sebuah keluarga dan menekankan bahwa gereja meyakini hubungan seksual antara pasangan sesama jenis adalah melaranggar hukum alam.
Perkawinan sesama jenis dan adopsi di kalangan mereka menjadi perdebatan sengit di Kolombia, setelah pengadilan konstitusi di negara itu memutuskan bahwa pasangan homoseksual hanya bisa mengadopsi anak keturunan dari salah satu pasangannya.
Dua tahun sebelumnya, Kongres di negara itu melakukan pemungutan suara yang hasilnya menentang pembolehan perkawinan sesama jenis. [hidcom/islamedia]