Ternyata Benar, Iran Bantu Pemberontak Syiah Houthi


Islamedia -  Wakil Gubernur Aden dan Ketua Dewan Perlawanan Populer, Nayef Al-Bakri mengungkapkan, pihaknya telah menangkap pasukan revolusi Iran yang membantu militan Houthi pada Sabtu (2/4). 

"Di antara para tawanan, ada pemimpin tentara dan perwira tinggi yang akan diadili pada waktu yang tepat," ujar Bakri, seperti dikutip Reuters, Ahad (3/5).

Kepada surat kabar Al-Watan Saudi Arabia, Nayef Al-Bakri mengatakan, puluhan milisi Houthi ditangkap, kebanyakan langsung mundur dan bergabung untuk melawan Houthi. Dia menambahkan bahwa mereka yang sebelumnya ikut bergabung dengan Houthi lantaran tergoda dengan tawaran uang yang dijanjikan milisi Houthi bila turut serta dalam jihad.

Sebelumnya, Wakil Menteri Luar Negeri Iran mengatakan, pemerintah Iran tidak akan membiarkan kekuatan regional membahayakan kepentingan keamanan di Yaman.

Adapun pada (26/3) lalu,  Arab Saudi  bersama sekutunya melancarkan serangan udara ke Yaman untuk mencegah Houthi mengambil seluruh wilayah dan untuk mengembalikan otoritas Presiden Abdrabbu Mansour Hadi. (rol/islamedia/aj)



close
Banner iklan disini