Senegal Siap Kirim 2.100 Pasukan untuk Gempur Houthi


Islamedia -  Operasi militer ke Houthi masih berlanjut, kali ini giliran Senegal akan mengirim 2.100 tentara ke Arab Saudi untuk menjadi bagian koalisi internasional yang memerangi milisi Shiah Houthi di Yaman.

"Koalisi internasional bertujuan melindungi dan mengamankan tempat suci Islam; Madinah dan Makkah," ujar Menlu Senegal Mankeur Ndiaye di parlemen.

"Presiden Macky Sall telah memutuskan untuk merespon positif permintaan, dengan mengirim 2.100 tentara ke tanah suci," lanjut Ndiaye.

Koalisi terdiri dari delapan negar Arab dan menerima dukungan logistik dari AS, Inggris, dan Prancis. Semula, Pakistan diharapkan mengirim pasukan, tapi pemerintah Nawaz Sharif menolak.

Di medan perang, Arab Saudi mengatakan sedang mempertimbangkan untuk menghentikan serangan udara ke daerah tertentu di Yaman, untuk memungkinkan pasokan keamanan.

Bukan kali pertama Senegal mengirim pasukan. Selama Perang Teluk, Senegal mengirim pasukan dan bergabung ke dalam aliansi pimpinan AS selama Perang Teluk melawan Irak. (inilah/islamedia/aj)