Menara Masjid Bradford Terindah di Eropa


Islamedia -  Masjid di Bradford, yang memiliki populasi penduduk Muslim yang besar, diresmikan pada tahun 2008.

Empat menara yang terdapat di beberapa masjid telah memenangkan hadiah, termasuk menara masjid di Stockholm, Roma, Oslo dan Granada di Spanyol, kata penyelenggara acara yang diorganisir oleh COJEP internasional, lembaga amal pemuda yang dibentuk oleh para imigran Turki di Perancis, yang juga merupakan mitra OSCE dan Dewan Eropa.

Uniknya, para juri terdiri dari sebuah "multi konfesional, multi etnis, bahkan jurinya termasuk seorang rabbi Yahudi, seorang teolog Protestan Swiss dan seorang pendeta Anglikan, mereka mengamati ke 53 menara masjid di 13 negara sebelum melakukan pilihan menara masjid mana yang terbaik.

Hanya masjid yang berusia di bawah usia 50 tahun yang memenuhi syarat untuk mengikuti kontes karena "kami menolak semua bangunan menara ‘bersejarah’ seperti yang ada di Andalusía, Bosnia atau Paris karena kami menginginkan kompetisi ini tetap terkait dengan imigrasi umat Islam baru-baru ini," kata juru bicara COJEP Veysel Filiz.

Juri membuat keputusan mereka atas dasar pertimbangan estetika tetapi juga bagaimana cara menara masjid itu berfungsi yang dibangun di dalam lingkungan perkotaan.

"Ide dari kompetisi ini adalah untuk menunjukkan bahwa menara masjid tidak boleh menjadi alasan untuk dicurigai dan ditakuti," kata Filiz.

Masjid harus terlihat dari jauh "karena Islam di Eropa harus berfungsi secara transparan dan masjid harus terbuka untuk masyarakat.

"Jika Islam hanya tersembunyi di gua-gua, kita tidak dapat mengetahui apa yang dikatakan di atas mimbar masjid," kata dia. [inilah/islamedia/YL]




close
Banner iklan disini