Inilah Masalah Terbesar Eropa Saat Ini, Menurut PM Turki


Islamedia -  Perdana Menteri Republik Turki Ahmet Davutoglu mengemukakan pada hari Ahad (3/5/2015) kemarin, bahwa xenophobia dan pengeksklusian berbasis perbedaan sektarian, agama, dan etnik, adalah ancaman terbesar yang dihadapi Eropa hari ini. Ahmet Davutoglu menyampaikan komentarnya itu dalam pembukaan Konsulat Jenderal Turki di Dusseldorf.

"Nilai dasar yang mesti kita pelihara secara kokoh bagi masa depan benua kita ini ialah perlindungan terhadap harkat manusia dan memastikan hadirnya lingkungan budaya di mana setiap orang dapat mengamalkan agama, keyakinan, dan keimanannya secara merdeka," papar Davutoglu.

Perdana Menteri Turki menyampaikan keprihatinan mendalamnya atas teror penyerangan terhadap masjid-masjid yang merupakan ulah kelompok-kelompok Islamofobia, yang terlah terjadi selama beberapa bulan belakangan.

Ketika diwawancarai seputar hubungan panjang ekonomi Jerman - Turki, Davutoglu mengatakan bahwa keberadaan warga negara Turki di Jerman membuat prioritas tersendiri bagi pemerintah Turki. Ia menjabarkan bahwa hubungan kedua negara dapat menjadi contoh untuk diikuti masyarakat dunia. Ia juga juga menyatakan bahwa komunitas Turki memperkaya Jerman dan Eropa pada level sosial dan budaya.

"Hubungan bilateral ini akan terus berkembang kian kokoh," tandas Davutoglu. (memo/ismed)




close
Banner iklan disini