Armenia Menuding Turki Genosida, Turki Menerbitkan Quran dan Terjemahan Bahasa Armenia


Islamedia -  Lembaga Kepresidenan Turki untuk Urusan Keagamaan (Diyanet) telah menerbitkan Al-Quran dengan terjemahan bahasa Armenia, demikian seperti diumumkan pejabat berwenang pada Selasa (5/5) kemarin. Selama ini, Armenia dikenal menyudutkan Turki dengan tuduhan melakukan genosida di masa lalu.

Dirjen Penerbitan Keagamaan Diyanet, Yuksel Salman mengatakan bahwa Al-Quran dan terjemahannya itu telah dicetak sebanyak 4000 eksemplar. Terjemahannya mengakomodasi dua dialek bahasa Armenia yakni dialek timur dan barat.

"Kami berharap mereka yang belum familiar dengan Islam dan Al-Quran, dapat menjadi kenal dengan bahasa cinta kasih Islam melalui terjemahan ini," kata Salman kepada Anadolu Agency.

Salman menekankan bahwa proyek tersebut memakan total waktu selama empat tahun. Untuk penerjemahannya sendiri membutuhkan waktu dua setengah tahun.

Ia menambahkan bahwa terjemahan ke dalam bahasa Armenia itu, sudah ditelaah oleh para ahli dan anggota dari berbagai otoritas keagamaan, bersama para profesor dari fakultas teologi universitas-universitas di Turki, sebelum benar-benar diterbitkan.

Otoritas pejabat keagamaan Turki sendiri, selama ini sudah merilis 1150 karya terbitan sejak didirikan pada tahun 1924. Yang terbaru, selain Al-Qur'an terjemahan dalam bahasa Armenia, Diyanet juga menerbitkan Al-Qur'an dan terjemahan dalam bahasa Spanyol dan Kurdi.

Ia juga menambahkan bahwa Diyanet akan menerbitkan pula terjemahan Al-Quran dalam 15 bahasa lainnya. (aatr/ismed)