Science & Technology Summit OKI Akan Kaji Misi Ruang Angkasa


Islamedia -  Organisasi Kerjasama Islam (OKI) akan menyelenggarakan Sawala Sains dan Teknologi (Science and Technology Summit) yang pertama, di ibukota Pakistan, Islamabad, pada kuartal akhir 2015. Pertemuan tersebut diadakan guna mendiskusikan kemungkinan penjelajahan luar angkasa di masa depan sebagai bagian dari program bersama negara-negara anggota OKI.

Dalam pertemuan persiapannya di Jeddah, Komite OKI dalam Kerjasama Sains dan Teknologi (COMSTECH) menyajikan sebuah kertas kerja berisi rekomendasi pembentukan suatu tim saintis dan insinyur berpengalaman dan bervisi untuk menjalankan misi tersebut. Demikian seperti dilaporkan kantor berita IINA bulan lalu.

Kertas kerja tersebut juga mengungkap niatan dan rencana untuk membina program kerjasama dalam skala besar dengan maksud mendorong dan memanfaatkan riset multidisiplin dalam bidang fisika, matematika, kimia, biologi, perubahan iklim, satelit, oseanografi, ilmu bumi, dan inovasi teknologi.

Kertas kerja tersebut juga mendesak negara-negara OKI agar mengembangkan desain dan meluncurkan mini-satelit untuk keperluan aplikasi penginderaan jauh seperti perkiraan pemanenan, manajemen bencana, penyelatan di laut, dan prakiraan cuaca. Selain itu, negara-negara OKI juga didorong untuk memaksimalkan penggunaan penginderaan jauh dalam eksperimen plasma ruang, partikel terionisasi, pergeseran kutub magnetik, verifikasi data komunikasi, percobaan biologi, dan pengujian material di bawah kondisi-kondisi ruang angkasa. 


Bidang lainnya yang juga jadi perhatian ialah pemetaan sumberdaya, pemetaan samudera, serta pemetaan laut dan pesisir pantai di negara-negara anggota OKI, juga perihal pengiriman tim bersama ke kawasan Antartika.

COMSTECH meyakini bahwa partisipasi dari banyak negara dalam mendesain, mengimplementasikan, dan mengoperasikan program-program tersebut secara bersama-sama, akan berkontribusi  bagi terminimalisirnya hambatan dana dari masing-masing negara partisipan, juga bakal mengantarkan menuju kerjasama dan pembangunan kapasitas kolektif yang lebih baik lagi. (iina/islamedia)

close
Banner iklan disini