Saudi Luncurkan Proyek Energi Terbaharukan di Maroko


Islamedia -  Raksasa energi Arab Saudi ACWA Power sedang mempersiapkan peluncuran pembangkit listrik tenaga angin di Maroko dan beberapa negara lainnya, demikian dilaporkan IINA pada Senin (26/4) hari ini.

Paddy Padmanathan, Presiden dan CEO ACWA Power, mengatakan bahwa perusahaannya akan menginvestasikan 12 milyar dollar untuk proyek energi terbaharukan di beberapa negara.

Ia menambahkan bahwa kelompok binis Saudi itu sedang bersaing untuk memenangkan tender tiga Pembangkit Listrik Tenaga Angin dengan total daya 850 MWatt untuk memenuhi rencana perluasan PLTAngin terbesar di dunia.

Perusahaan yang baru saja mengikuti
Pameran Air, Energi, Teknologi, dan Lingkungan (WETEX 2015) di Dubai itu juga mengungkapkan keterlibatannya dalam pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Padmanathan mengungkapkan bahwa rencana untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di selatan Maroko masih dalam fase awal.

Akhi Januari lalu, sebuah konsorsium yang dipimpin ACWA Power International memenangkan kontrak senilai 2 juta dollar untuk membangun dua buah pembangkit listrik tenaga surya di selatan kota Ouzarzate.

Kedua buah pembangkit lstik surya dengan total 350MW itu merupakan kelanjutan dari proyek 520 MW di Ouzarzate. Proyek tersebut dimaksudkan untuk mencapai target kapasitas 2 Gigawatt pada tahun 2020 nanti. (iina/islamedia)