Pertemuan Hamas dan Para Menteri di Gaza Gagal Capai Kesepakatan


Delegasi para menteri pmerintahan rekonsiliasi Palestina bertemu di Gaza
Islamedia -  Gerakan Perlawanan Islam Hamas mengatakan bahwa para menteri pemerintah rekonsiliasi telah menyampaikan kepada Hamas, langkah mereka meninggalkan Gaza adalah atas dasar instruksi PM Rami Hamdallah, setelah kegagalan proses pendataan para pegawai “yang mangkir” lama dan mereka menyatakan tidak berwenang untuk membuat kesepakatan apapun.

Delegasi pemerintah rekonsiliasi nasional Palestina yang terdiri dari 11 menteri dan puluhan pejabat telah melakukan kunjungan ke Jalur Gaza yang berlangsung selama 24 jam dan segera meninggalkan Gaza, setelah sebelumnya dijadwalkan untuk melakukan kunjungan selama 10 hari.

Jurubicara gerakan Hamas Dr. Sami Abu Zuhri menyetukan kepada pemerintah rekonsiliasi agar memikul tanggung jawabnya terhadap semua pegawai tanpa diskriminasi dan agar melakukan perannya untuk mengakhiri penderitaan warga Gaza.

Delegasi menteri pemerintah rekonsiliasi tiba di Jalur Gaza pada Ahad (19/4) malam. Tujuan dari kunjungan ini adalah melaksanakan keputusan pemerintah rekonsiliasi untuk berkantor tetap di Jalur Gaza selama sepekan dan di Tepi Barat sepekan guna memantau penyatuan departemen-departemen.

Sebelumnya pertemuan pemerintah dengan faksi-faksi dan tokoh-tokoh independen di Gaza pada Senin petang berakhir tanpa hasil yang menjamin pemecahan keadaan yang beku dalam masalah pegawai.

Anggota pimpinan PLO, Yaser Wadiyah mengatakan bahwa masalah sesungguhnya adalah masalah pegawai pemerintah lama di Gaza. [PIP/islamedia/YL]



close
Banner iklan disini