Peraih Nobel Perdamaian Ini Serukan Peradilan Segera Bagi Presiden Terguling Yaman


Islamedia -  Aktivis HAM Yaman Tawakkol Karman Senin (27/4) kemarin menyerukan agar Presiden Yaman terguling, Ali Abdullah Saleh diadili atas kejahatannya terhadap rakyat Yaman, bukannya malah memberinya imunitas atau hak kekebalan hukum.

Aktivis Yaman yang juga peraih Nobel Perdamaian itu menulis di FBnya "Saya menuntut Presiden terguling Ali Abdullah Saleh agar diadili di Yaman atas pembantaian mengerikan dan kejahatan korupsi yang terjadi selama masa kekuasaannya."

Karman mengatakan bahwa ia menentang wacana pemberian imunitas bagi Saleh atau pemindahan eks-Presiden itu ke tempat aman sebagai bagian dari kesepakatan politik.

Sebelumnya, sebuah resolusi Dewan Keamanan PBB menyuruh agar Saleh berpindah dari Yaman.

Menurut berbagai laporan berita, Saleh menerima resolusi PBB itu dan ia beserta keluarganya telah meninggalkan Yaman pada Rabu malam lalu menumpang pesawat jet pribadi menuju ke lokasi yang tidak diketahui.

Pada hari yang sama, situs berita Yaman 24news melaporkan bahwa sebuah pesawat jet Omani akan mendarat di Bandara Internasaional Sanaa untuk memindahkan presiden terguling dan keluarganya keluar dari Yaman sebagai bagian dari kesepakatan politik. (memo/ismed)