Delegasi OKI Bertandang ke China Bertemu Banyak Pihak


Islamedia -  Delegasi Organisasi Kerjasama Islam (OKI) mengadakan pembicaraan ekstensif bersama pejabat pemerintah China dan para pemuka agama terkait situasi umat Islam di China.

Delegasi OKI yang dikepalai Asisten Dubes Sekjen OKI untuk Urusan Politik Abdullah Alim, pada hari Rabu (23/4) lalu bertemu dengan Kepala Daerah Otonomi Xinjiang Uyghur Shohrat Zakir dan pejabat tinggi pemerintah di daerah tersebut. 


Kedua belah pihak mendiskusikan keadaan umat Islam di Xinjiang di mana populasi Muslim terbesar China bertempat tinggal. Mereka sepakat akan perlunya langkah-langkah untuk melanjutkan dan mengembangan hubungan kerjasama antara OKI dengan otoritas lokal. Kerjasama tersebut demi mewujudkan cara terbaik untuk mendukung peningkatan sumberdaya manusia dan perekonomian di daerah Xinjiang.

Mereka juga mengunjungi Masjid Yanhan di Urumqi, ibukota Xinjiang, dan gelaran pameran permanen dengan tajuk "memerangi terorisme" di Departemen Keamanan Publik Xinjiang.

Di Beijing, delegasi OKI juga bertemu dengan Presiden Perhimpunan Islam China Sheikh Hilaluddin Chen. 
 
Pada Kamis, delegasi mengadakan kunjungan lapangan di kota Kashgar daerah Xinjiang untuk memantau situasi umat Islam di sana. Selama kunjungan berlangsung, mereka bertemu gubernur Kashgar Mai Mayamin Bakri. (iina/islamedia)