Tuhan Adalah Sumber Moral yang Sempurna


Islamedia -  Sekolah Pemikiran Islam (SPI) #IndonesiaTanpaJIL Bandung menyelenggarakan kuliah ketiganya pada hari Selasa malam (24/03) dengan kembali menghadirkan Dr. Wendi Zarman sebagai narasumbernya. Materi yang diberikan kali ini adalah “Konsep Tuhan dalam Islam”. Setelah memberi penjelasan mengenai konsep Tuhan secara umum, barulah kemudian pembahasan mengerucut pada konsep Tuhan dalam Agama Islam. 

“Seperti yang diungkapkan oleh Thomas F. Wall, keyakinan akan eksistensi Tuhan adalah elemen terpenting dalam semua worldview. Adanya kepercayaan tentang Tuhan akan membuat seseorang percaya tentang adanya rencana dan makna dalam hidup. Selanjutnya, kita juga akan meyakini bahwa sumber moral utama bukanlah dari konvensi manusia, tetapi dari TuhanYang Maha Kuasa,”, terang Wendi.

Ketika manusia tidak percaya akan adanya Tuhan, maka sumber moralnya berasal dari manusia itu sendiri. “Hal itulah yang dinamakan dengan humanisme, di mana manusia percaya bahwa manusia memiliki kemampuan mandiri untuk menentukan mana yang baik dan mana yang buruk,” ujar Doktor bidang Pendidikan Islam ini.

Dalam ajaran Agama Islam, Al-Qur’an dan Hadits memberikan petunjuk ajaran moral yang sempurna. “Ajaran moral itu harus diikuti oleh seluruh umat Islam yang percaya bahwa itu merupakan ajaran yang terbaik,” ujarnya lagi.

Dalam sesi diskusi, salah seorang peserta menanyakan tentang konsep penggunaan hati nurani dalam agama Islam untuk menentukan hal yang benar dan salah. “Islam mengenal adanya konsep hati nurani, hal itu tertera dalam sebuah hadits Rasulullah SAW. Namun yang perlu digarisbawahi adalah bahwa penggunaan hati nurani dalam Islam tidak bisa digunakan untuk semua hal. Ada hal-hal yang telah memiliki hukum yang jelas di Al-Qur’an dan Hadits, dan jika suatu permasalahan itu sudah mempunyai hukum yang jelas, kita harus mengikuti Al-Qur’an dan Hadits walaupun hal itu bertentangan dengan keinginan kita,” jawab Wendi. (Ahmad-SPI/islamedia/aj)



close
Banner iklan disini