Raymond Sapoen, Calon Presiden Suriname Ternyata Keturunan Banyumas


Raymond Sapoen, Menteri Perdagangan dan Industri, Kandidat Presiden Suriname
Islamedia.co -  Suriname, Negara jajahan Belanda yang terletak di benua Amerika latin tidak lama lagi akan menggelar pemilihan Presiden baru.

Presiden Suriname Desi Bouterse yang menjabat masa periode 2010-2015, akan berakhir masa jabatannya pada tahun 2015 ini.

Yang menarik dari pesta pemilihan Presiden ini adalah tampilnya warga negara suriname keturunan Jawa yang akan meramaikan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Adalah Raymond Sapoen, Menteri Perdagangan dan Industri Suriname saat ini yang dikabarkan kandidat kuat calon Presiden Suriname untuk periode 2015-2020 menggantikan Desi Bouterse.

Raymond Sapoen, pria kelahiran 25 Oktober 1967 ini termasuk warga keturunan Jawa yang aktif dalam politik di Suriname, dia pernah menjadi anggota parlemen, menjabat di kementerian pendidikan dan kebudayaan, saat ini menjabat menteri perdagangan dan industri.

Raymond Sapoen adalah keturunan Jawa Banyumas, menurut arsip Belanda Gahetna ini ada dua nama Sapoen ketika jaman penjajahan dulu yang diberangkatkan ke Suriname, yaitu Sapoen dari Desa Kanding Banyumas dan Sapoen dari Desa Kedungwuluh Purbalingga.

Namun dari foto arsip Belanda tersebut nama Sapoen dari Desa Kanding, Somagede, Banyumas dianggap paling mirip sebagai kakek dari Raymond Sapoen.


Foto Raymond Sapoen disandingkan dengan foto kakeknya (arsip Belanda)

Perlu diketahui keturunan jawa di Suriname tergolong sebagai etnis minoritas yaitu 15-20 persen dari total penduduk Suriname. 

Namun, bukan berarti tokoh Jawa Suriname tidak bisa aktif dalam dunia politik.

Warga keturunan Jawa ini memiliki beberapa Partai Politik, diantaranya Partai KTPI (Kerukunan Tulada Pranatan Inggil), Partai Pertjajah Luhur dan Partai Pendawa Lima.
 
Ada empat orang keturunan Jawa dalam kabinet saat ini yang menjabat sebagai Menteri, yaitu Menteri Dalam Negeri Soewarto Moestadja, Menteri Tenaga Kerja Michael Miskin, Menteri Pertanian Hendrik Setrowidjojo dan Menteri Perdagangan - Industri Raymond Sapoen yang dikabarkan menjadi kandidat calon Presiden Suriname.[Gahetna/kluban/Islamedia/YL]