Nelayan Gaza Ditembaki Kapal Perang Penjajah Israel


Islamedia.co -  Pasukan angkatan laut Penjajah Israel pada hari Sabtu (31/) pagi melepaskan tembakan ke nelayan Palestina yang tengah memancing di lepas pantai Gaza.

Nelayan mengatakan kepada Ma’an bahwa kapal perang Israel yang ditempatkan di lepas pantai wilayah al-Sudaniyya dari barat laut Kota Gaza menembaki mereka.

Mereka mengatakan bahwa angkatan laut Israel menembakkan tembakan peringatan pada satu perahu nelayan “meskipun fakta bahwa perahu itu berlayar dalam batas enam mil laut di mana nelayan Gaza diizinkan untuk berlayar.”

Tidak ada korban luka yang dilaporkan sebagai akibat dari insiden tersebut.

Seorang jurubicara militer Israel mengatakan kepada Ma’an dia tidak mengetahui kejadian tersebut.

Perjanjian gencatan senjata 26 Agustus antara Israel dan kelompok pejuang Palestina menetapkan bahwa Israel akan segera memperluas zona perikanan di lepas pantai Gaza, yang memungkinkan nelayan untuk berlayar sejauh enam mil laut dari pantai, dan akan terus memperluas daerah secara bertahap.

Sejak itu, telah ada laporan bahwa pasukan Israel  kali seringmelepaskan tembakan ke nelayan dalam batas-batas baru, dan zona belum diperluas.

Pembatasan yang dilakukan Israel telah melumpuhkan industri perikanan Gaza dan nelayan miskin setempat.

Ada 4.000 nelayan di Gaza. Menurut laporan 2011 oleh Komite Palang Merah Internasional, 90 persen dari mereka berada di garis kemiskinan, meningkat 40 persen dari tahun 2008 dan merupakan efek langsung dari pembatasn Israel pada industri perikanan.[beritapolitik/islamedia]