Ketua Tim Investigasi PBB: 'Pemimpin Israel Tak Perlu dihormati'


Islamedia.co -  Ketua Tim Investigasi PBB untuk Kejahatan Zionis Israel terhadap Jalur Gaza, William Schabas mengatakan bahwa dia tidak ada hormat pada para pemimpin “Israel”.
 
Kepada surat kabar Zionis Yedeot Aharonot, Schabas mengatakan, “Tidak mungkin kami memutar kembali jarum jam ke belakang. Meskipun hal itu mungkin, maka tidak akan ada pembentukan tim investigasi baru. Sekiranya ada pembentukan tim baru, Netanyahu akan menentangnya. Orang-orang seperti Netanyahu itu menuduh semua tim yang dibentuk anti Israel”.

Mengenai sebab dulu dia tidak mengatakan memberikan konsultasi hukum kepada PLO, Schabas mengatakan, “Saya memiliki catatan panjang dari konsultasi. Sekiranya mereka bertanya kepadaku tentang pekerjaannya, saya tidak yakin itu penting atau itu ada hubungannya. Saya adalah seorang professional yang dipanggil untuk memberikan konsultasi hukum kepada organisasi-organisasi atau pemerintah-pemerintah, tidak tidak memihak dan saya tidak mewakili orang-orang Palestina.”

Menanggapi pertanyaan apakah pengunduran dirinya merupakan kemenangan bagi Israel, Schabas mengatakan, “Ketika sudah dirilis laporan, Israel akan tahu apakah saya berhasil atau gagal. Adalah kekanak-kanakan menganggap pengunduran diri sebagai sebuah kemenangan.”

Dia menyatakan tidak tertekan dengan kecaman yang dilontarkan para pemimpin Israel. Dia menambahkan, “Anda akan tertekan ketika Anda dikecam oleh orang yang Anda hormati. Namun saya tidak ada hormat pada para pemimpin Israel, tepatnya ketika mereka berbicara seperti ini.” [PIP/Islamedia/YL]