Tembus Blokade, Turki Berhasil Kirim Obat-Obatan ke Gaza


Islamedia.co -  Disaat kondisi Palestina dalam suasana keprihatinan dan  serba kekurangan karena blokade dan embargo dari Israel, sedikit berita gembira datang dari para relawan Turki yang berhasil mengirimkan bantuan ke jalur Gaza.

Sebagaimana rilis  dari Federation of Islamic  Medical Association ( FIMA) Gaza Relief tertanggal 1 Januari 2015, setelah melalui proses negoisasi yang panjang dan berbelit dengan otoritas Zionis Israel, Perhimpunan Doctor Work Wide (DWW) Turki  yang tergabung dalam FIMA berhasil mengirimkan obat-obatan dan peralatan bedah ke Gaza.

Menurut Ketua DWW Turki Dr. Kerem, bantuan  dikirimkan dengan pesawat kargo dan mendarat di Bandara Ben Gurion. Bantuan senilai 2 Juta Dolar Amerika yang terdiri atas 110.000 kotak obat-obatan dan peralatan kesehatan ini selanjutnya diangkut dengan truk menuju Gaza.

Setelah melaui perjalanan yang panjang dan proses pemeriksaan yang berbelit dari otoritas Israel akhirnya bantuan bisa masuk ke Gaza melalui gerbang perbatasan Karim Abu Salim.

Selain memberikan bantuan ke wilayah konflik, FIMA melalui  Perhimpunan Profesi Kesehatan Muslim Indonesia( Prokami) juga banyak melakukan kegiatan  diantaranya seperti Program FIMA Save Vision (http://www.fimasavevision.org/) untuk pencegahan & penanggulangan kebutaan akan dilaksanakan di Sabah dan Kalimantan Timur.



Selain memberikan bantuan kemanusiaan, FIMA juga melaksanakan pembinaan kepada generasi muda diantaranya The 16th FIMA International Camp for Medical Student akan dilaksanakan Januari 2015, di Bandung. Kegiatan ini wadah silaturrahim mahasiswa dan tokoh kedokteran muslim dari berbagai negara dengan target  meningkatkan wawasan dan kepemimpinan. [islamedia/safari.h]


close
Banner iklan disini