Palestina di Balik Kemenangan Ballon d'Or Ronaldo?


Islamedia.co - Cristiano Ronaldo kembali meraih trofi FIFA Ballon dOr menyisihkan dua rivalnya, Lionel Messi dan Manuel Neuer. Bukan tak mungkin kemenangan tersebut diraih berkat kedekatan emosional CR7 dengan Palestina.

Dalam hasil voting yang dilakukan pelatih dan kapten negara anggota FIFA dan jurnalis terpilih, Ronaldo mendapatkan suara terbanyak 37,66 persen. Messi di posisi dua dengan 15,76 persen, dan Neuer di posisi tiga dengan 15,72 persen.

Ini merupakan trofi Ballon dOr ketiga yang diraih CR7 setelah sebelumnya memenangkan di tahun 2008 dan 2013. Banyak pihak meyakini kemenangan Ronaldo berkat penampilan apiknya selama tahun 2014. Pemain berusia 29 tahun itu membawa Real Madrid juara Liga Champions, Piala Raja, Piala Dunia Antarklub, Piala Super Eropa, memecahkan rekor Liga Champions dengan 17 gol, hingga mencetak gol di delapan pertandingan Liga Champions beruntun.

Diluar capaian itu, portal nasional Inilahcom mengulas kemenangan Ronaldo ini ini ada kaitannya dengan Palestina. Apa hubungannya dengan Palestina? Bukan rahasia lagi bahwa mantan pemain Manchester United itu memang kerap mendonasikan hartanya untuk warga di Gaza, Palestina. CR7 juga mengaku secara terang-terangan mendukung Palestina merdeka dan terlepas dari serangan Israel.

Ronaldo pernah mendonasikan Sepatu Emas miliknya yang bernilai 1,5 juta Euro (22 miliar Rupiah) untuk membangun sekolah di Gaza. Kecewa dengan aksi penyerangan Israel ke Palestina, kekasih Irina Shayk itu pernah berkunjung ke Palestina tahun 2005 dan 2007.

Ketika mash membela Manchester United, Ronaldo sudah menunjukkan kepada publik bahwa dirinya memang mendukung Palestina. Dalam suatu acara, pemain jebolan akademi Sporting Lisbon itu mengenakan kain kafiyeh atau syal Palestina.

Bukti lain bahwa Ronaldo memang tak suka dengan aksi kejam Israel di Palestina adalah saat kualifikasi Piala Dunia ketika Portugal menghadapi Israel di Tel Aviv. Usai laga, seorang pemain Israel ingin bertukar jersey dengan CR7. Tapi, ia menolaknya. Usai laga tersebut, seorang wartawan Aljazeera sempat bertanya kepada Ronaldo di mana dirinya berpijak saat ini. Pemain kelahiran Madeira itu menjawab lugas: "Saya berada di tanah Palestina."

Lantas, apa hubungannya dengan kemenangan Ronaldo di Ballon dOr dengan Palestina? Negara-negara Timur Tengah menentang agresi Israel ke Palestina. Ada 13 negara Timur Tengah yang masuk dalam anggota FIFA dan kapten timnas berhak memberikan suaranya. Dari 13 negara tersebut, enam negara memberikan suaranya kepada Ronaldo, dan hanya empat negara yang mendukung Messi. Tiga negara lain mendukung Philipp Lahm dan Manuel Neuer. Enam suara tersebut berasal dari kapten timnas, bukan pelatih, karena pelatih sebuah timnas belum tentu berasa dari negara tersebut, seperti Arab Saudi yang dilatih orang Spanyol, Juan Roman Lopez Caro.

Di luar prestasi Ronaldo di lapangan, ikatan kuat negara-negara Timur Tengah dengan Palestina diduga menjadi latar belakang negara seperti Arab Saudi, Bahrain, Iran, Kuwait, Lebanon, dan Mesir memberikan suaranya kepada ayah satu anak tersebut. [inilah]

close
Banner iklan disini