Ini Dia Enam Masjid Terbaik di Turki


Islamedia.co - Di Turki banyak berdiri bangunan masjid modern dengan berbagai macam model. Dari sekian banyak jumlahnya, ada beberapa masjid yang tergolong benar-benar indah. Dilansir oleh todayszaman.com (20/12), berikut ini adalah beberapa masjid terbaik di negara Turki yang juga telah terpilih sebagai perwakilan dari gaya yang berbeda.

Küçük Ayasofya, İstanbul

Setelah Ottoman merebut Konstantinopel dari Bizantium pada tahun 1453 mereka  melakukan improvisasi tempat ibadah dari bangunan yang ada, yang berarti cepat mengkonversi semua gereja Bizantium menjadi masjid. Diantaranya gereja menjadi masjid Hagia Sophia (Ayasofya) dan Gereja Chora (Kariye Cami). Keduanya kini menjadi museum. Tetapi gereja yang menjadi masjid lain tetap sebagai tempat ibadah hingga saat ini. Salah satu contoh yang sangat indah adalah Küçük Ayasofya, yang mulai dibangun pada tahun 527 sebagai Gereja Sts. Sergius dan Bacchus.

Süleymaniye Cami, Istanbul

Saat ini lebih dari 80 bangunan yang dirancang untuk İstanbul masih bertahan, termasuk medreses, hamams, dan jembatan. Masjid Süleymaniye merupakan masjid besar yang  dibangun untuk Süleyman Magnificent. Süleymaniye memiliki ukuran besar, indah, dan penuh sesak.

Selimiye Cami, Edirne

Selimiye Cami dibangun untuk Sultan Selim II di Edirne antara 1569 dan 1575.  UNESCO memberikan status masjid ini sebagai warisan situs dunia pada tahun 2011.  Selimiye menggabungkan semua karakteristik Sinan akrab - kubah sentral yang meliputi ruang doa sentral yang besar dengan koleksi kubah yang lebih kecil dan semi kubah di sekitarnya.

Sultanahmet Cami (Blue Mosque)

Dirancang oleh seorang murid dari Sinan, Sedefkar Mehmet Aga, antara 1609 dan 1616. Sultanahmet Cami adalah bangunan yang saangat megah dan didesain seperti  Süleymaniye. Sultanahmet dilengkapi fitur pilihan yang tak tertandingi dari ubin Iznik.

Ortaköy Cami, İstanbul

Masjid ini memiliki ciri khas Büyük Mecidiye di Ortaköy, dibangun pada tahun 1855 dan sekarang berada tepat di bawah Jembatan Bosporus. Jendela Sinan masjid  relatif kecil dan dipenuhi kaca patri. Masjid ini berukuran besar dan memiliki jendela melengkung yang dirancang untuk menarik cahaya dari luar. Ortaköy Cami memiliki kubah tunggal yang besar, berdiri bersama dengan dua menara.

Şakirin Cami, İstanbul

Masjid Şakirin Cami berada di tepi pemakaman Karacaahmet antara Üsküdar dan Kadıköy. Selesai dibangun pada tahun 2011, merupakan karya seorang desainer interior perempuan, Zeynep Fadıllıoğlu. Sakirin Cami memiliki fitur pirus megah dan mihrab emas yang ditata bersama kaligrafi daun emas. [republika/islamedia]