Facebook Down Dikerjai Hacker @lizardsquad ?


Islamedia.co -  Jejaring sosial Facebook dan Instagram sudah bisa diakses kembali. Sebuah sumber mengatakan jika peristiwa ini terjadi karena ulah hacker.

Meski belum ada komentar resmi dari Facebook terkait isu ini namun beberapa media menyatakan keterlibatan kelompok hacker Lizard Squad. Beberapa di antaranya seperti Sky News dan NBC Los Angeles.

Dilansir melalui Twitter NBCLA, Selasa 27 Januari 2015, kelompok peretas itu mengklaim bertanggung jawab atas aksi 'facebook dan instagram down'. Hal ini dikemukakan peretas melalui akun Twitter mereka. Sayangnya, saat disambangi, akun twitter @lizardsquad telah diblokir oleh Twitter.

Lizard Squad sendiri merupakan hacker yang dikenal bertanggung jawab atas aksi peretasan PlayStation dan Xbox Lives di akhir Desember tahun lalu. Insiden 'Facebook Down' ini terjadi satu hari setelah grup peretas itu mengklaim telah meretas situs Malaysia Airlines.

Saat diretas, situs Malaysia Airlines menuliskan pesan '404 - Plane Not Found. Hacked by Cyber Caliphate'.

Facebook dan Instagram hari ini tidak bisa diakses oleh para penggunanya. Jejaring sosial Facebook kini telah memiliki 1,25 miliar pengguna aktif tiap bulan. Sedangkan Instagram juga cukup populer.

Para pengguna dari Inggris, Asia, dan Australia mengeluhkan hal ini melalui Twitter. Selain Facebook dan Instagram, AIM dan Hipchat juga diketahui menghadapi masalah yang sama.

Saat ini, baik Facebook maupun Instagram sudah bisa diakses kembali. Namun belum ada pernyataan resmi dari Facebook terkait down-nya layanan mereka. [viva/islamedia/YL]