Presiden Turki : Taliban dan ISIS/ISIL Penyebab Islamophobia


Islamedia.co - Kelompok Taliban dan ISIS/ISIL adalah penyebab munculnya ketakutan masyarakat dunia atas Islam, Islamophobia, kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
 
Merujuk pada serangan oleh kelompok Taliban Pakistan, Tehreek-e-Taliban, belum lama ini di Peshawar yang merenggut nyawa 130 anak sekolah, serta kekerasan yang dilakukan kelompok ISIS/ISIL di Suriah dan Iraq, Erdogan mengatakan tidak ada Islam yang semacam itu.
 
“Tidak ada Islam yang seperti itu. Islam itu damai. Kalian menimbulkan bayangan suram tentang Islam,” kata Erdogan dalam pertemuan di Turki Tengah pada hari Kamis (17/12/2014) guna meresmikan layanan kereta cepat Konya-Istanbul dikutip Hurriyet.
 
“Islamophobia di dunia dimulai gara-gara kalian,” ujar Erdogan, merujuk kekerasan yang dilakukan oleh kelompok-kelompok yang menyebut dirinya jihadis, seraya menambahkan bahwa membunuh orang tak berdaya bukanlah perilaku orang Islam.
 
Erdogan menyatakan negara Turki telah dan akan terus bekerjasama dengan Pakistan, yang bersikukuh untuk melawan terorisme.
 
“Saya berharap peristiwa memilukan ini akan mengarahkan negara-negara di kawasan ini dan seluruh dunia melihat sekali lagi wajah hitam dari teror,” kata Erdogan. [hidcom/im]