Pekan Solidaritas Gaza Digelar di Eropa



Islamedia.co -  Sabtu (27/12) sejumlah kota di Eropa menggelar pekan solidaritas Gaza yang mendesak dihapuskanya blokade terhadap Gaza, melibatkan puluhan yayasan dan lembaga benua Eropa.

Acara ini juga digelar dalam rangka memperingati agrsi Zionis ke Gaza yang sudah menginjak tahun ke enam sejak 2008-2009 yang berlangsung selama 23 hari.

Dalam keterangan persnya, koordinator aksi, mengatakan, pekan aksi solidaritas Gaza di Eropa ini akan berlangsung hingga 18 Januari nanti di sejumlah kota Eropa seperti, London, Berlin, Spanyol, Granada dan beberapa kota lainya.

Dalam keterangannya mereka akan menuntut dibukanya perlintasan darat Rafah untuk mempercepat rekonstruksi Gaza disamping memberikan kesempatan bagi warga Palestina untuk mendapatkan hak-haknya, pembukaan pelabulan Gaza dan Rafah sebagai akses satu-satunya ke dunia internasional agar bisa hidup layak.

Aksi solidaritas ini telah digelar sejak Jum’at sore di sejumlah ibu kota seperti, Austria, Wina, Hamburgh Jerman, diikuti ratusan aktivis yang mengecam blokade Israel paga Gaza yang telah menginjak tahun ke delapan. Mereka menuntut dibukanya perlintasan Rafah yang Gaza dengan wilayah lain di dunia.


Selain aksi ini, di dunia maya pun gencar dilakukan aksi solidaritas, seperti di tweter dengan menggunakan tujuh bahasa dunia untuk melansir dan memblow up penderitaan Gaza ke dunia internasional.  

Diantara alamat twitter yang bisa difolow up  #OpenGazaPort، #OpenRafahBorder, #GazaUnderRubble(asy/Infopalestina.com)