LKC Sukseskan Kemah Bakti Sosial Penyandang Disabilitas Mental


Islamedia.co - Ratusan warga Desa Kadudampit Kec.Cisaat Kabupaten Sukabumi Jawa Barat berondong – bondong mendatangi Gedung Panineungan Yawitra Asri. Kedatangan mereka sangat antusias untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis yang digelar oleh Layanan Kesehatan Cuma – Cuma (LKC) Dompet Dhuafa. 


Aksi Layan Sehat (ALS) LKC Dompet Dhuafa yang berlangsung pada Selasa (16/12) bekerjasama dengan Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Phala Martha yang terletak di Jl. Perintis Kemerdaan No.130 Cibadak Kab. Sukabumi Jawa Barat. PSBL Phala Martha merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rehabilitasi Penyandang Disabilitas Mental Kemensos Republik Indonesia. 
    
Acara tersebut merupakan rangkaian kagiatan Kemah Bakti Sosial yang diikuti oleh ratusan penyandang Disabilitas Mental dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2014. 

Menurut Kepala PSBL Phala Martha Lilit Maskurah mangatakan, Kemah Bakti Sosial merupakan salah satu bentuk kampanye sosial bagi masyarakat tentang Disabilitas Mental. Selain pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga tidak mampu dan ratusan lansia, kegiatan juga berupa pameran kerajinan tangan hasil karya penerima manfaat, penta seni modern dan tradisional  dan kerja bakti membersihkan fasilitas umum di RW 01 Desa Gede Pangrango dan RW 05 Desa Kadudampit. 

Lilit mengharapkan, kegitan tersebut dapat mendekatkan masyarakat dengan penerima manfaat atau penyandang Disabilitas Mental sebagai orang yang mempunyai keterbatasan. “Mereka bukan untuk dikucilkan dan dijauhi didalam kehidupan bermasyarakat karena mereka memiliki hak yang sama sebagai warga negara dan warga masyarakat,” kata Lilit saat wawancara dengan media LKC Dompet Dhuafa.

Ia mengungkapkan rasa terima kasih kepada  LKC Dompet Dhuafa. Menurutnya acara yang berlangsung selama dua hari sejak tanggal 16 – 17 Desember 2014 dapat berlangsung sukses atas dukungan dari beberapa sponsor satu diantaranya adalah LKC Dompet Dhuafa.

“Ini tanpa Dompet Dhuafa acara tidak sesukses ini. memang banyak bantuan tetapi tidak bisa memberikan bantuan sebesar ini dalam bentuk layanan kesehatan yang diberikan oleh LKC Dompet Dhuafa,” kata Lilit.

Sementara itu, Penanggung Jawab ALS LKC Dompet Dhuafa Rohayani mengungkapkan rasa terima kasih atas kepercayaan PSBL Phala Martha yang turut melibatkan LKC Dompet Dhuafa untuk membantu warga tidak mampu di Desa setempat. Pada kesempatan itu, sebelum ALS dimulai Tim Medis LKC Dompet Dhuafa memberikan penyuluhan tentang pola hidup bersih dan sehat (PHBS).    

Rohayani mengatakan, bahwa ALS tersebut sekaligus sebagai bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Milad LKC Dompet Dhuafa ke 13. “Semoga keberadaan LKC Dompet Dhuafa dapat semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas,” kata Rohayani dalam sambutan mewakili Direktur LKC Dompet Dhuafa.[mj/islamedia/YL]