Dukungan terhadap Palestina Terus Berdatangan dari Eropa



Islamedia.co -  Dukungan terhadap negara Palestina terus berdatangan dari Eropa, kini Pemerintah federal Belgia telah sepakat untuk mengakui negara Palestina, harian Belgia melaporkan Rabu (3/12).

Empat partai utama Belgia (Gerakan Reformis, Gerakan Liberal Flemish dan Demokrat, Partai Kristen Demokrat dan Flemish, serta Aliansi Flemish Baru) telah menyatakan mendukung pengakuan negara Palestina kepada parlemen Belgia.

Menteri Luar Negeri Belgia, Didier Reynders mengaku, dirinya baru pertama kali akan mendorong inisiatif kepada Uni Eropa untuk membawa Israel dan Palestina kembali menjalankan proses perdamaian.

Sebelumnya pada hari Selasa (2/12), diberitakan bahwa anggota parlemen Perancis mengadakan pemungutan suara di Majelis Nasional untuk mengakui Palestina sebagai negara merdeka.

Mayoritas anggota parlemen Perancis mendukung Palestina, yaitu 339 suara mendukung dan 151 anggota memberikan suara menentang.


Sementara itu, pada 18 November lalu, anggota parlemen Spanyol sangat menyetujui pengakuan negara Palestina. Inggris dan Irlandia juga juga melakukan hal yang sama.

Pada 30 Oktober, pemerintah Swedia melangkah lebih jauh dan secara resmi mengakui negara Palestina. Menjadi satu-satunya negara Eropa yang telah mengakui secara resmi kenegaraan Palestina, dan diikuti beberapa parlemen Uni Eropa lainnya untuk mengakui Palestina sebagai sebuah negara. (ELF)