Akhirnya Parlemen Perancis Akui Negara Palestina



Islamedia.co -  Para anggota parlemen Perancis telah memberikan suara dukungan mereka atas resolusi yang menyerukan pemerintah Perancis agar mengakui negara Palestina.

Resolusi tersebut diadopsi oleh 339 anggota parleman pada Selasa (2/12)

Sayangnya, sebanyak 151 anggota parlemen memilih menentang resolusi yang diusulkan oleh kelompok Sosialis.

Senat Perancis juga diharapkan akan memberikan suara terkait resolusi yang sama pada 11 Desember mendatang.

Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius, mengatakan bahwa Perancis akan mengakui Palestina sebagai sebuah negara jika upaya perdamaian gagal.

“Jika usaha terakhir negosiasi tidak berhasil, Perancis akan memikul tanggung jawab mengakui negara Palestina,” ujar Fabius.

“Perancis mengakui Negara Palestina, bukan sebuah kebaikan, tapi itu adalah hak,” katanya.

“Perancis adalah teman rakyat Israel dan rakyat Palestina. Perancis akan mengakui negara Palestina. Pertanyaannya adalah kapan dan bagaimana? Karena itu perlu adanya pengakuan ini sehingga berguna untuk upaya memecah kebuntuan dan berkontribusi dalam mencapai penyelesaian akhir konflik ini,” tambahnya.

Otoritas Palestina pada hari Selasa menyambut baik hasil suara parlemen Perancis yang mengakui negara Palestina dan mendesak pemerintah Perancis untuk segera mengikutinya.

“Ini adalah langkah berani ke arah yang benar,” kata Otoritas Palestina dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh kantor berita resmi Wafa.

Hasil pemungutan suara Perancis dinilai Israel sebagai “kesalahan besar”.

“Israel percaya suara Majelis Nasional akan menghambat kesepakatan damai antara Israel dan Palestina,” ujar Dubes Israel di Paris.

Amerika Serikat juga menyambut dingin dukungan Perancis terhadap Palestina.

Gelombang pengakuan Palestina sebagai negara merdeka mulai mengemuka pada Oktober tahun ini. Awalnya, ide tersebut diprakarsai Inggris.

Parlemen Inggris telah menggelar pemungutan suara khusus demi menentukan sikapnya atas Palestina.

Tak lama setelah Inggris, Swedia secara resmi pun mengakui Negara Palestina. Setelah Inggris dan Swedia, Spanyol di bulan ini juga akan segera mengumumkan dukungannya terhadap Negara Palestina. (beritapalestina/islamedia)



close
Banner iklan disini