Saya Pernah Benazar Namun Susah Merealisasikanya, Mohon Pencerahanya?



Islamedia.co -  Assalamualaikum, saya mau bertanya, kalau kita meminta sesuatu kepada Allah dengan mengucapkan Nazar kepada Allah, namun ketika keinginan kita sudah terkabul kita tidak bisa melaksanakan Nazar kita tersebut karna sesuatu hal yg membuat kita benar-benar tidak bisa melakukan Nazar tersebut.

Apa yg harus kita lakukan? mohon pencerahannya, 

Assalamu alaikum wr.wb.
Bismillahirrahmanirrahim. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi ajmain. Amma ba'du:

Siapapun yang bernadzar maka ia harus menepati nadzarnya tersebut. Allah menggambarkan orang-orang yang masuk ke dalam sorga bahwa di antara sifat yang mereka miliki saat di dunia adalah menepati nadzarnya (QS al-Insan: 7).

Karena itu selama nadzar Anda adalah dalam kebaikan dan ketaatan harus diupayakan untuk dipenuhi. Nabi saw bersabda, "Siapa yang bernadzar untuk taat kepada Allah, maka hendaknya ia taat. Namun siapa yang bernadzar untuk maksiat kepada Allah, janganlah ia bermaksiat." (HR al-Bukhari).

Hanya saja kalau Anda sudah berusaha untuk memenuhi nadzar, namun tetap tidak bisa dipenuhi, maka harus membayar kaffarah sebagai penebus bagi nadzarnya tersebut. Yaitu sama seperti kaffarah atas sumpah dan janji yang tak terwujud. Rasulullah saw bersabda, "Kaffarah nadzar sama seperti kaffarah sumpah."

Yaitu Anda harus memberi makan sepuluh orang miskin, atau memberi pakaian kepada mereka, atau membebaskan budak. Apabila tidak bisa maka berpuasa selama tiga hari.

Wallahu a'lam
Wassalamu alaikum wr.wb.

Tim syariahonline.com


close
Banner iklan disini