Ketua MUI Din Syamsuddin Jadi Pembicara di Vatikan


Islamedia.co - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Dr Din Syamsuddin menjadi pembicara dalam acara The Third Catholic-Muslim Forum, sebuah forum dialog antara para tokoh Katholik dan Muslim sedunia.
 
Seperti berita yang diturunkan Hidayatullahcom, sejak 11 – 13 Nopember 2014, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah berada di Vatikan guna mengikuti forum merupakan kerjasama antara Vatikan dan Gerakan Common Word yang berpusat di Amman, Jordan, yang dilaksanakan sekali dua tahun. Sebelumnya, kerjasama ini sudah dimulai tahun 2010 di Vatikan dan di Laut Mati, Jordan pada tahun 2012.

Dalam forum ini dihadiri oleh 13 tokoh dari pihak Katholik dan pihak Muslim. Hadir dari pihak Katholik antara lain Cardinal Jean-Louis Tauran (President of Pointifical Council of Interreligious Dialogue, Vatican), Father Miguel Ayuso Guixot, Vatican, Mgr. Khaled Akasheh, Biro of Islam, Vatican, Prof. Vincenzo Buonomo, Pontifical Lateran University, Rome, Mgr. Hario Antoniazzi, Archbishop of Tunis. Dari pihak Muslim hadir Prof. Hossein Nasr, ulama/cendekiawan Muslim asal Iran, Prof. Abdullah Scheleifer, Mesir, Prof. Mustafa Ceric, Grand Mufti of Bosnia, Shaikh Naim Ternava, Grand Mufti of Kosovo, Prof. Ali Aref Nayed, Libya, dan Prof. Din Syamsuddin, Indonesia.

Dalam forum bertema “Working Together to Serve Other” Din Syamsuddin mewakili Muslim pada sesi ketiga tentang “Working Together to Serve Society” (Kerjasama Melayani Masyarakat).

Dalam makalahnya, Din Syamsuddin membahas perspektif teologis kerjasama antar umat beragama, dan alasan-alasan sosiologis tentang perlunya kerjasama itu dikembangkan dalam rangka mengatasi kerusakan dunia yang bersifat akumulatif, serta bentuk-bentuk kerjasama yang perlu dikembangkan dalam berbagai aspek kebudayaan.

Pada akhir kegiatan, semua peserta diterima oleh Paus Fransiscus di ruang kerjanya di lingkungan Vatikan, dan masing-masing peserta mendapat kenang-kenangan dari Paus Fransiscus.

Bagi Din Syamsuddin, ini adalah kali kedua diterima Paus Fransiscus setelah yang pertama pada 2014 kala menghadiri acara lain juga di Vatikan. Dengan Paus Benediktus XVI, Din Syamsuddin sempat bertemu empat kali dalam berbagai konperensi di Italia.

Dalam kunjungan ke Vatikan/Roma kali ini, Din Syamsuddin, yang pada dua tahun lalu memperoleh Anugerah Bintang Italia (The Italian Star) dari Pemerintah Italia, menyempatkan diri bertemu dengan tokoh Italia termasuk Imam Yahya Sergio Fellavicini, tokoh Muslim di Italia, yang juga akan hadir sebagai peserta The 5th World Peace Forum yang dilaksanakan Muhammadiyah dan Center for Dialogue and Cooperation among Civilizations (CDCC) 20-23 Nopember 2014 di Jakarta. [gie/im/hidcom]